Hidangan Mata

Keterangan: Silahkan ganti tulisan berwarna merah dengan Url alamat blog anda. Pengaturan di atas berfungsi layaknya widget Recent Posts. Jika ingin menampilkan artikel-artikel berdasarkan label tertentu, anda bisa ganti kode false (ditandai warna hijau) dengan label (kategori) pilihan di blog anda. Contoh: tagName:"Kesehatan" 10000 (warna biru) untuk kecepatan pergerakan slider. Anda bisa merubahnya agar lebih cepat atau lebih lambat. Misal ganti menjadi 8000 agar lebih cepat atau 12000 agar lebih lambat, dst. 5. Jika sudah diatur semuanya, silahkan simpan dan lihat hasilnya. Kalau anda menghendaki agar tampilan slider ini hanya muncul di tampilan beranda (home) blog saja, silahkan baca postingan saya berikut ini: Cara Menyembunyikan atau Memunculkan Widget Hanya pada Tampilan Beranda Blog. Demikian. Semoga bermanfaat. Labels: Blogging Thanks for reading Cara Mudah Membuat Slider (Slide Show) Keren di Blog, Cukup Satu Langkah. Please share...!

Tuesday 9 August 2016

Bersatu Itu Fardlu

🌎🌕🌔🌓🌒🌑🌘🌗🌖🌕🌏

*Bersatu itu fardhu*

🖊 _Dwi Triyono_

توجيهات السنة النبوية :
Beberapa arahan dari Sunnah Nabi

أما السنة النبوية فقد قررت وأكدت وفصلت ما جاء به القرآن الكريم من الدعوة إلى الاتحاد والائتلاف، والتحذير من التفرق والاختلاف.
فقد دعت السنة إلى الجماعة والوحدة، ونفرت من الشذوذ والفرقة، دعت إلى الأخوة والمحبة، وزجرت عن العداوة والبغضاء.
والأحاديث في هذا كثيرة وفيرة..


Adapun Sunnah Nabawiyah maka ia mengokohkan dan menekankan serta menjelaskan apa-apa yang datang dari al-Qur'ān  al-Karīm baik seruan untuk bersatu padu maupun peringatan agar tidak terjatuh kedalam perpecahan dan perselisihan.
Sungguh Sunnah Nabi menyeru kepada jamaah yang satu dan agar menjauhkan diri dari keganjilan dan perpecahan, ia menyeru kepada persaudaraan dan kecintaan dan mencela permusuhan dan kedengkian.
Adapun hadīts tentang hal ini sangat lah banyak, diantaranya:

روى الترمذي عن ابن عمر قال: خطبنا عمر بالجابية (اسم موضع) فقال: يا أيها الناس، إني قمت فيكم مقام رسول الله صلى الله عليه وسلم فينا، فقال: أوصيكم بأصحابي، ثم الذين يلونهم، ثم الذين يلونهم.. عليكم بالجماعة، وإياكم والفرقة، فإن الشيطان مع الواحد، وهو من الإثنين أبعد، من أراد بحبوحة الجنة، فليلزم الجماعة.

*Imam al-Tirmidzi* meriwayatkan dari sahabat _ibn 'Umar  Radhiyallāhu 'Anhu_ berkata: _'Umar ibn al-Khaththāb_ pernah berkhutbah kepada kami di Jabiyah, ia berkata: sungguh aku berdiri dihadapan kalian di tempat _Rasūlullāh Shallallāhu 'Alaihi wa Sallam_ bersama kami, maka beliau bersabda: aku washiatkan kepada kalian wahai para sahabat ku, dan juga orang-orang setelah mereka dan juga orang-orang setelah mereka: _wajib bagi kalian berjamaah, dan hati-hatilah terhadap perpecahan  karena sesungguhnya syaithan bersama orang yang sendirian, dan akan lebih jauh kepada orang yang berdua, siapa yang mendambakan nikmatnya surga maka hendaknya berpegang teguh kepada jamaah._

وروي عن ابن عباس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "يد الله مع الجماعة".

Diriwayatkan dari *ibn 'Abbās* ia berkata, bersabda _Rasūlullāh Shallallāhu 'Alaihi wa Sallam_: *Tangan Allāh bersama jamaah.*

وروي عن ابن عمر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "إن الله لا يجمع أمتي ـ أو قال: أمة محمد صلى الله عليه وسلم ـ على ضلالة، ويد الله مع الجماعة، ومن شذ شذ إلى النار".

Dan diriwayatkan dari *ibn 'Umar*  bahwa sesungguhnya _Rasūlullāh Shallallāhu 'Alaihi wa Sallam_ bersabda: Sesungguhnya Allāh tidak akan mengumpulkan ummatku atau ummat Muhammad Shallallāhu 'Alaihi wa Sallam  dalam kesesatan, dan tangan Allāh bersama jamaah, dan barangsiapa menyendiri dia akan dikucilkan ke neraka.

وفي الصحيحين: "أن من فارق الجماعة شبرا فمات، فميتة جاهلية".

Dan dalam shahīhain: _Sesungguhnya siapa yang memisahkan diri dari jamaah meski hanya sejengkal kemudian ia mati, maka matinya dalam keadaan jahiliyah._

وأكدت السنة الدعوة إلى الأخوة والوحدة بين المسلمين في مواقف كثيرة وبأساليب شتى "المسلم أخو المسلم، ومن كان في حاجة أخيه كان الله في حاجته".

Dan Sunnah Nabawiyah menekankan seruan kepada persaudaraan dan persatuan sesama kaum muslimin  dalam banyak penyikapan dan dengan metode yang beraneka ragam.
_Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain._
_Barangsiapa siapa memenuhi hajat saudara nya, maka Allāh akan memenuhi hajatnya._

"لا يؤمن أحدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه".

Tidak sempurna iman salah satu dari kalian sampai ia mencintai saudara nya _seperti ia mencintai dirinya sendiri._

"والذي نفسي بيده لا تدخلون الجنة حتى تؤمنوا، ولا تؤمنوا حتى تحابوا. ألا أدلكم على شيء إن فعلتموه تحاببتم؟ افشوا السلام بينكم".

Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai, maukah aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian melakukannya, kalian akan saling mencintai? _Sebarkan lah salam diantara kalian._

"المسلمون تتكافأ دماؤهم، يسعى بذمتهم أدناهم، ويجير عليهم أقصاهم وهم يد على من سواهم".

Kaum muslimin itu darah mereka setara, selalu berusaha melindungi dan peduli kepada yang dibawahnya, dan melindungi yang jauh diantara mereka, mereka selalu peduli kepada yang lainnya.

ولقد حذرت السنة النبوية أبلغ التحذير وأشده من التباغض والتهاجر، والتشاحن، وفساد ذات البين.

Dan sungguh Sunnah Nabi memberi peringatan yang sangat keras terhadap kaum muslimin yang saling dengki, saling menjauh, saling berbantah-bantahan, dan merusak hubungan diantara mereka.

فمن حديث أنس بن مالك عنه صلى الله عليه وسلم "لا تباغضوا ولا تحاسدوا ولا تدابروا، وكونوا عباد الله إخوانا، ولا يحل لمسلم أن يهجر أخاه فوق ثلاثة أيام".

Dari hadīts _Anas ibn Mālik Radhiyallāhu 'Anhu dari Nabi Shallallāhu 'Alaihi wa Sallam_  bersabda: _Janganlah kalian saling dengki, dan jangan pula saling hasad, jangan pula saling membelakangi, dan jadilah hamba Allāh yang bersaudara. Dan tidak dihalalkan bagi seorang muslim untuk mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari._

*Bersambung in syā Allāh*

🌏🌕🌖🌗🌘🌑🌒🌓🌔🌕🌎

_Malang, 9 Agustus 2016, selesai ditulis pukul 06.40Wib._

_Source and powered by:_

@QuranAndroid
*Yūsuf al-Qaradhawy, Al-Shahwah al-Islāmiyah baina al-Ikhtilāfi al-Masyrū'i wa Tafarruqi al-Madzmūm, Penerbit Dār al-Syurūq halaman 24-26, Tahun 2001, Doha, Qathar.*
www.web.whatsapp.com
www.google.com
Kamus Mutarjim Android

0 Comments:

Post a Comment