ألسّلام عليكم و رحمة لله و بركاته
بسم الله الرّحمن الرّحيم
.بسم الله الرّحمن الرّحيم
ألحمد
لله ربّ العالمين * أشهد أن لا إله إلاّ الله و حده لاشريك له * له
الملك وله الحمد* يحيى ويميت * وهوعلى كلّ شٍئ قدير. أشهد أنّ محمّدا
عبده و رسوله * خاتم النّبيّين والمرسلين
لا نبيّ ولا رسول بعده. أللّهمّ صلّ على ( سيّدنا ) محمّد وعلى أله وصحبه
و ذرّيّاته وكلّ من تبعهم بإحسان إلى يوم الدّين . أمّاّ بعده
Baca ini dulu dong .... !!!
Sudahkah Memenuhi Janji Sebagai Musliim Musliimah Sejati ?
- Islaam Itu Luas dan Luwes, Pedoman dan Solusi Multi Bidang Kehidupan Universal, Hindari Konflik Internal
=================================================
Indonesia Version
Kakek Kandung Saya
dari Pihak Ibunda bernama H. 'Utsman bin H.
ABU THOLIB AR RONGGOLAWY memiliki Adik Kandung, namanya K.H. AHMAD FAQIH bin H. ABU THOLIB AR RONGGOLAWY yang tinggal di Maibit, Rengel,
Tuban, Jawa Timur, Indonesia. Beliau
memiliki salah satu menantu dari Keluarga Besar PESANTREN ASH SHOMMADIYYAH,
Makam Agung, Tuban, Jawa Timur, Indonesia, Keluarga Besar Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah dan sekaligus Keluarga Besar dari
K.H. AHMAD SHIDDIQ (Almarhum-Ketua PBNU
Indonesia sebelum GUS DUR) Jember, Jawa Timur Indonesia serta Keluarga Besar K.H. 'ABDUL HAMIID yang mana sebagian orang memanggil MBAH HAMIID (Auliya'-Almarhum) Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.
Nama beliau K.H. 'Alii
Manshuur ASH SHIDDIIQII tahun Periode 1960-an menjadi Kepala DEPAG Kabupaten Banyuwangi, Ketua PCNU Banyuwangi dan Anggota DPR (Konstituante) yang bersahabat akrab dengan
Ketua Umum PBNU Indonesia waktu itu yakni K.H. Idham Cholid (Almarhum). Beliau lahir pada tanggal 23 Maret 1921 atau 20 Romadlon 1340 dan wafat tanggal 24 Maret 1971 hari Selasa Malam Rabu karena SAKIT DIABET. Jadi
Saya memanggil beliau dengan sebutan PAKLIK (PAMANDA). Tahun 1965 terjadi
Peristiwa G 30 S/PKI. Beliau amat prihatin melihat kondisi situasi Indonesia
yang berubah menjadi Anarchis dan di tahun 1960 pula atas kehendak Allooh SWT
beliau menunaikan 'Ibaadah Hajji di Makkah Al Mukarromah. Di saat beliau membaca
KITAAB ASHHAABUL BADRI tepatnya Kitaab Manzduumatu Ahlal Badri Al Musammaa Jaliyyaatul Qodri Fii Fadlooili Ahlil Badri karya Imaam Sayyid Ja’far Al Barzanjii dan sebelum menulis syair Sholawat Badar, KH.'Alii Manshuur bermimpi didatangi manusia-manusia berjubah putih bersorban hijau yang dalam penafsirannya ditafsiri bagai Para Tokoh Perang Badar. Nabii Muhammad S'AW dan Empat Sahabat Utamanya yakni Abuu Bakar Ash Shiddiiq, 'Umar bin Choththoob Al Faaruq, 'Utsman bin 'Affaan Dzun Nuuroini dan Saygidinaa 'Alii bin Abuu Thoolib Karromalloohu Wajhahahu juga termasuk Pahlawan Utama Perang Badar tetapi tidak ikut gugur di dalamnya.
Kitab tersebut menguraikan tentang PERANG BADAR 313
orang KAUM MUSLIMIN melawan 1.000 orang KAFIR QURAYS MAKKAH. Dari dua hal hal penting di atas, datanglah petunjuk
dari Allooh SWT agar menyusun SHOLAWAT BADAR.
Setelah
kembali ke Indonesia, beliau menunjukkan Hasil Karyanya tersebut kepada beberapa 'Aalim 'Ulamaa" dan terakhir kepada K.H.
Idham Cholid. Waktu terus berjalan begitu saja dan atas kehendak Allooh SWT,
maka K.H. Idham Cholid beserta Para Tokoh Ulama Nahdliyyin bersepakat untuk
mengamalkannya dan menyebarluaskan ke Seluruh Kaum Muslimin Muslimat Indonesia
pada Umumnya dan Kaum Nahdliyyin pada Khususnya. Gus Dur sebelum meninggal dunia sempat mengatakan bahwasanya SHOLAWAT BADAR merupakan SHOLAWAT LAGU KEBANGSAAN
NU dan diciptakan oleh Kyahi Ali dari Tuban.
Perlu dipahami, Para Ulama Salafy/Manhaj Salafy (Wahhabiyyah) yang kini berkuasa di Saudi Arabia dengan semua variannya misalnya : MUHAMMADIYYAH, PERSATUAN ISLAM (PERSIS), AL IRSYAD, menyatakan bahwasanya SEMUA JENIS SHOLAWAT NABI YANG BUKAN LANGSUNG DARI SABDA ROSULULLOOH MASUK KATEGORI "AMALAN BID'AH DLOLAALAH PENGANTAR NERAKA, TERMASUK SHOLAWAT BADAR. AKAN TETAPI ULAMA NU BERPENDAPAT SEBALIKNYA".
Perlu dipahami, Para Ulama Salafy/Manhaj Salafy (Wahhabiyyah) yang kini berkuasa di Saudi Arabia dengan semua variannya misalnya : MUHAMMADIYYAH, PERSATUAN ISLAM (PERSIS), AL IRSYAD, menyatakan bahwasanya SEMUA JENIS SHOLAWAT NABI YANG BUKAN LANGSUNG DARI SABDA ROSULULLOOH MASUK KATEGORI "AMALAN BID'AH DLOLAALAH PENGANTAR NERAKA, TERMASUK SHOLAWAT BADAR. AKAN TETAPI ULAMA NU BERPENDAPAT SEBALIKNYA".
- Di antara Kelompok tersebut seringkali menganggap bahwasanya ULAMA NU GUDANGNYA BID'AH yang otomatis CALON PENGHUNI NERAKA ? Benarkah demikian ?
- Apakah Kelompok tersebut dijamin MASUK SYURGA YANG TERBEBAS ALIAS BERSIH DARI SEGALA JENIS PERBUATAN BID'AH ? Benarkah demikian ?
Saya
baru mengetahui Si Pencipta SHOLAWAT BADAR tersebut secara tidak sengaja,
padahal sebenarnya sangat penasaran SIAPA PENCIPTANYA ? Selama di PONDOK
PESANTREN hingga mengajar di RSMABI SMAN 1 KRAKSAAN, PROBOLINGGO, JAWA TIMUR,
INDONESIA, Saya tidak pernah tahu. Di Kitab Barzanjii atau Kitab Kumpulan
Sholawat Nabi, selalu ANONIM alias TIDAK DICANTUMKAN NAMA PENCIPTANYA. Tahun
2007 yang lalu, Saya mendapat kiriman PROPOSAL REHABILITASI PEMBANGUNAN
MADRASAH IBTIDAIYYAH MAIBIT, RENGEL, TUBAN, JAWA TIMUR, INDONESIA. Di PROPOSAL
tersebut dicantumkan NAMA PAMAN Saya tersebut dan Ayah Kandung dari Si PENGIRIM
PROPOSAL tersebut. Lebih terkejut lagi, beliaulah yang menciptakan SHOLAWAT
BADAR yang terkenal itu. Beberapa hari kemudian, Saya pulang ke Tuban dan mengantarkan
sumbangan ke Rumah ADIK SAYA tadi di Maibit yakni USTADZ AHMAD SYAAKIR bin K.H.
ALI MANSUR. Pertanyaanku,"BENARKAH YANG MENCIPTAKAN SHOLAWAT BADAR ITU
AYAHMU YAKNI K.H. ALI MANSHUR ?". Dia menjawab,"BENAR !". Lalu dia
berceritera panjang lebar asal-usul SHOLAWAT BADAR tersebut. Akhirnya MISTERI
NAMA PENCIPTA SHOLAWAT BADAR telah terungkap. Rasa Penasaran Saya selama itu,
LENYAP SEKETIKA dan ALHAMDU LIL LAAAH. ALLOOHU AKBAR !!!
Secara umur, usia Saya lebih muda minimal 8 s.d. 10 tahun dari USTADZ SYAAKIR, namun dalam SILSILAH JAWA, SAYA DIPANGGIL LEBIH TUA yakni KAKANG alias Mas alias Kakak. Hanya saja, dalam urusan Pemahaman Ilmu Agama Islam khususnya ILMU ALAT (NAHWU SHOROF), AL QUR'AANUL KARIIM, AL HADIITS, AL ATSAR DAN SAJIAN KITAB KUNING, ADIK USTAADZ SYAKIR JAUH LEBIH PAHAM daripada SAYA, termasuk pula KELUARAGA BESAR SUHU yang menjadi PARA KYAHI/NYAHI, USTAADZ/USTAADZAH di Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dewasa ini. Meskipun demikian, SUHU masih BERSYUKUR FULL KEPADA ALLOOH SWT karena TIDAK BODOH-BODOH AMATLAH.
Secara umur, usia Saya lebih muda minimal 8 s.d. 10 tahun dari USTADZ SYAAKIR, namun dalam SILSILAH JAWA, SAYA DIPANGGIL LEBIH TUA yakni KAKANG alias Mas alias Kakak. Hanya saja, dalam urusan Pemahaman Ilmu Agama Islam khususnya ILMU ALAT (NAHWU SHOROF), AL QUR'AANUL KARIIM, AL HADIITS, AL ATSAR DAN SAJIAN KITAB KUNING, ADIK USTAADZ SYAKIR JAUH LEBIH PAHAM daripada SAYA, termasuk pula KELUARAGA BESAR SUHU yang menjadi PARA KYAHI/NYAHI, USTAADZ/USTAADZAH di Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dewasa ini. Meskipun demikian, SUHU masih BERSYUKUR FULL KEPADA ALLOOH SWT karena TIDAK BODOH-BODOH AMATLAH.
Di
bawah ini, tampilan SHOLAWAT BADAR tersebut yang ditulis di celah-celah
ketika mengikuti :
IN
HOUSE TRAINING (IHT)
PEMBELAJARAN
EFEKTIF DAN SISTEM PENILAIAN
“Melalui
Kegiatan IHT Tentang Pembelajaran Efektif dan Sistem Penilaian Kita Tingkatkan
Profesionalisme Pendidik”
SMA
NEGERI 1 KRAKSAAN, 24 – 25 Nopember 2012
Sabtu,
24-11-2012
12:53:10
صلوات البدر
مؤلّف : الشّيخ الحج على
منصور الصّدّيقى
الميبتى الرنجلى الطّوبانى
الجاو الشّرقى ألإندونيسى
1965
|
||
الكاتب :
زكريا ألأنصارى الشّهابى
البرانى الفنجولرجوى
الرنجلى الطّوبانى الجاوى الشّرقى
ألإندونيسى
السبت, 24 11 2012
10 :53
|
||
عََلى طه رَسول
الله
|
صلاَة
الله سلاَم الله
|
1
|
عَلى يس حَبيب
الله
|
صَلاة
الله سَلاَم الله
|
2
|
وَ بالهَادى رَسول الله
|
تَوَسَّلنَا ببسم الله
|
3
|
بأَهل البَدر ياَ
ألله
|
وَ بكلّ مجَاهد
الله
|
4
|
منَ الافَات وَ
النّقمَة
|
الهى سَلّم الامَّة
|
5
|
بأَهل البَدر ياَ
ألله
|
وَ من هَمّ وَ من غمَّة
|
6
|
جميع أذية و اصرف
|
إلهى نجّنا واكشف
|
7
|
بأَهل البَدر ياَ
ألله
|
مكاءد لعدَا وَ الطف
|
8
|
منَ العَاصين وَ العَطبَا
|
إلهى نَفّس الكرَباَ
|
9
|
بأَهل البَدر ياَ
ألله
|
وَ كلّ بَليَّة
وَ وَبَا
|
10
|
وَ كَم من ذلَّة فَصَلت
|
فَكَم من رَحمَة حَصَلَت
|
11
|
بأَهل البَدر ياَ
ألله
|
وَكم من نعمَة حَصَلَت
|
12
|
وَ كَم أولَيتَ ذاَ
الفَقر
|
وَ كَم أَغنَيتَ ذاَ العمرى
|
13
|
بأهل البدر يا
ألله
|
و كم عا فيت ذا الوزر
|
14
|
جميع الأرض مع رحب
|
لقد ضا قت على القلبى
|
15
|
بأهل البدر يا
ألله
|
فانج من البلا الصّعب
|
16
|
و جلّ الخير و السّعد
|
اتينا طالب الرّفق
|
17
|
بأهل البدر يا
ألله
|
فوسّع منحة الأيدى
|
18
|
بل اجعلنا على الطّيبة
|
فلا تردد مع
الخيبة
|
19
|
بأهل البدر يا
ألله
|
ايا ذا العزّ و الهيبة
|
20
|
بنيل جميع حاجاتى
|
و إن تردد فمن نأتي
|
21
|
بأهل البدر يا
ألله
|
أيا جال الملمّات
|
22
|
بنيل مطا لب منا
|
ألهى اغفر و أكرمنا
|
23
|
بأهل البدر يا
ألله
|
و دفع مساءة عنّا
|
24
|
بأهل البدر يا
ألله
|
و كم من كربة
تنفى
|
25
|
بلا عد و
لا حصر
|
و صلّ على النّبى البرّ
|
26
|
بأهل البدر يا
ألله
|
و أل سادة
غرّ
|
27
|
و الال و
البدر قنا من
كلّ شرّ
|
صلّ و سلّم على النّبى
البشر
|
28
|
و أصلح لنا العلانيّة
و السّريرة
|
أللّهم لا تؤاخذنا
با لجريرة
|
29
|
واجعلنا ممّن يدعوإليك على بصيرة , وصلّى الله
على خير خلقه ونور عرشه
ومظهر لطفه سيّدنا
وحبيبنا وشفيعنا محمّد وعلى
أله وصحبه وسلّم
|
30
|
Perlu dipahami bersama,"SHOLAWAAT BADAR" dengan SUSUNAN SEPERTI DI ATAS, maka penyusunnya Ya Pamanda SUHU yakni K.H. 'ALI MANSHUUR ATH THUUBAANYY ASH SHIDDIIQY dari Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Indonesia.
Di Kitab Barzanjii ada pula SHOLAWAAT BADAR atau SHOLAWAAT BADRIYYAH yang lebih tua kelahirannya dengan SUSUNAN KALIMAH YANG BERBEDA dengan KARYA K.H. ALI MANSHUUR tersebut.
Untuk membedakannya, maka :
- Yang lahir duluan, SUHU menyebutnya dengan Nama,"SHOLAWAAT BADRIYYAH AL BARZANJII",
- Yang lahir di tahun 1965 (Indonesia), SUHU menyebutnya dengan Nama,"SHOLAWAT BADAR INDONESIA".
- Jangan pernah beranggapan atau meyakini bahwasanya Nilai Kandungan Kitab Barzanjii berada dan mengalahkan KANDUNGAN NILAI AL QUR'AANUL KARIIM, AL HADIITS dan AL ATSAR SAHABAT ROSUULULLLOOH SAW !
- Silahkan membaca Kitab Barzanji, namun harus jauh lebih mengutamakan AL QUR'AANUL KARIIM, AL HADIITS, dan AL ATSAR SAHABAT ROSUULULLOOH SAW !
- Meskipun hafal 100 % Kitab Barzanji, namun masih jauh TIDAK BERBANDING RANKINGNYA BILAMANA DIBANDINGKAN 1 (SATU) AYAT atau 1 (SATU) SURAT dari AL QUR'AANUL KARIIM, misalnya :
- SHOLLALLOOHU 'ALAA MUHAMMAD (bagi yang tidak pakai Sayyidinaa),
- SHOLLALLOOHU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD (bagi yang pakai Sayyidinaa),
- ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA MUHAMMAD WA 'ALAA AALIHII (bagi yang tidak pakai Sayyidinaa),
- ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA 'ALAA AALIHII (bagi yang pakai Sayyidinaa),
- Bisa membaca Sholawat Nabii yang selalu dibaca saat Tahiyyaat dalam Sholat.
0 Comments:
Post a Comment