๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐
*Ikhtilฤf al-Furลซ'*
๐ _Dwi Triyono_
ูุฌุจ ุฃู ูุนูู
ุงูุฐูู ูุฑูุฏูู ุฌู
ูุน ุงููุงุณ ุนูู ุฑุฃู ูุงุญุฏ، ูู ุฃุญูุงู
ุงูุนุจุงุฏุงุช ูุงูู
ุนุงู
ูุงุช ููุญููุง ู
ู ูุฑูุน ุงูุฏูู: ุฃููู
ูุฑูุฏูู ู
ุง ูุง ูู
ูู ูููุนู، ูู
ุญุงููุชูู
ุฑูุน ุงูุฎูุงู ูุง ุชุซู
ุฑ ุฅูุง ุชูุณูุน ุฏุงุฆุฑุฉ ุงูุฎูุงู. ููู ู
ุญุงููุฉ ุชุฏู ุนูู ุณุฐุงุฌุฉ ุจููุฉ، ุฐูู ุฃู ุงูุงุฎุชูุงู ูู ููู
ุงูุฃุญูุงู
ุงูุดุฑุนูุฉ ุบูุฑ ุงูุฃุณุงุณูุฉ ุถุฑูุฑุฉ ูุง ุจุฏ ู
ููุง.
Mereka yang merindukan bersatunya ummat ini dalam satu visi wajib mengetahui _bahwa menghendaki wujudnya satu pendapat satu cara dalam aspek peribadatan dan mualamah dan yang lain lainnya dari cabang-cabang agama adalah mengharapkan sesuatu yang tidak mungkin terjadi._ Dan daya upaya untuk menyatukan pendapat dan menghilangkan perbedaan tidak akan menghasilkan sesuatu kecuali menjadikan semakin lebar dan luasnya wilayah perbedaan itu. Sungguh ini merupakan upaya yang jelas-jelas terlalu menyederhanakan masalah. Hal ini disebabkan oleh karena perbedaan dalam hal memahami hukum-hukum syariah yang furu' dan bukan asasi itu betul betul tidak bisa dihindari, dan pasti terjadi.
ูุฅูู
ุง ุฃูุฌุจ ูุฐู ุงูุถุฑูุฑุฉ ุทุจูุนุฉ ุงูุฏูู، ูุทุจูุนุฉ ุงููุบุฉ، ูุทุจูุนุฉ ุงูุจุดุฑ، ูุทุจูุนุฉ ุงูููู ูุงูุญูุงุฉ.
Dan yang menjadikan perbedaan itu tidak bisa dihindari adalah karena tabiat agama, tabiat bahasa, tabiat manusia, tabiat alam semesta dan tabiat kehidupan itu sendiri.
ุทุจูุนุฉ ุงูุฏูู:
*Tabiat Agama*
ูุฃู
ุง ุทุจูุนุฉ ุงูุฏูู، ููุฏ ุฃุฑุงุฏ ุงููู ุชุนุงูู، ุฃู ูููู ูู ุฃุญูุงู
ู ุงูู
ูุตูุต ุนููู ูุงูู
ุณููุช ุนูู، ูุฃู ูููู ูู ุงูู
ูุตูุต ุนููู ุงูู
ุญูู
ุงุช ูุงูู
ุชุดุงุจูุงุช، ูุงููุทุนูุงุช ูุงูุธููุงุช، ูุงูุตุฑูุญ ุงูู
ุคูู، ูุชุนู
ู ุงูุนููู ูู ุงูุงุฌุชูุงุฏ ูุงูุงุณุชูุจุงุท، ููู
ุง ููุจู ุงูุงุฌุชูุงุฏ ูุงูุงุณุชูุจุงุท، ูุชุณูู
ููู
ุง ูุง ููุจู ุฐูู، ุฅูู
ุงูุง ุจุงูุบูุจ، ูุชุตุฏููุง ุจุงูุญู، ูุจูุฐุง ูุชุญูู ุงูุงุจุชูุงุก ุงูุฐู ุจูู ุงููู ุนููู ุฎูู ุงูุฅูุณุงู: (ุฅูุง ุฎูููุง ุงูุฅูุณุงู ู
ู ูุทูุฉ ุฃู
ุดุงุฌ ูุจุชููู) (ุงูุฅูุณุงู:2).
Adapun tabiat agama, maka sesungguhnya Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla menghendaki dalam syariatNya itu ada yang disediakan nash nash atasnya, dan ada juga yang didiamkan.
Sedangkan syariat atau hukum-hukum yang ada nashnya itu ada yang muhkamat dan ada pula yang mutasyabihat. Ada yang qath'i (pasti) ada yang zhanni (tidak pasti) ada yang sharih jelas ada yang butuh ta'wil, yang dengan tabiat yang demikian maka memaksa kita untuk menggunakan akal untuk berijtihad dan untuk mengambil kesimpulan, untuk hal-hal yang memberi ruang untuk ijtihad dan istinbath. Dan menerima sepenuhnya untuk hal-hal yang tidak memberi ruang untuk ijtihad, seperti beriman kepada yang ghaib dan menerima kebenaran sebagai hal yang benar. Hal ini merupakan wujud nyata dari bentuk ujian yang memang Allฤh bangun bagi manusia, sebagaimana firmanNya:
_Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan) ..._
ููู ุดุงุก ุงููู ูุฌุนู ุงูุฏูู ููู ูุฌูุง ูุงุญุฏุง، ูุตูุบุฉ ูุงุญุฏุฉ، ูุง ุชุญุชู
ู ุฎูุงูุง ููุง ุชุญุชุงุฌ ุฅูู ุงุฌุชูุงุฏ، ู
ู ุญุงุฏ ุนููุง ููุฏ ุดุนุฑุฉ ููุฏ ููุฑ.
_Dan sekiranya Allฤh menghendaki, niscaya Allฤh jadikan agama ini semuanya satu wajah satu bentuk, tidak mengandung perbedaan dan tidak membutuhkan ijtihad._ *Bila bentuk agama seperti ini, maka barangsiapa menolaknya atau mengingkarinya meski hanya sehelai rambut maka ia telah kafir.*
ููููู ูู
ููุนู ุฐูู، ูุชุชูู ุทุจูุนุฉ ุงูุฏูู ู
ุน ุทุจูุนุฉ ุงููุบุฉ، ูุทุจูุนุฉ ุงููุงุณ ูููุณุน ุงูุฃู
ุฑ ุนูู ุนุจุงุฏู.
Akan tetapi Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla tidak melakukan hal yang demikian, karena tabiat agama ini sebenarnya selaras dengan tabiat bahasa dan tabiat manusia, dan luasnya perkara-perkara ibadah.
ุฃุฌู ูู ุดุงุก ุงููู ุชุนุงูู ุฃู ูุชูู ุงูู
ุณูู
ูู ุนูู ูู ุดูุก، ููุง ููุน ู
ููู
ุงุฎุชูุงู ูู ุดูุก، ููู ูุงู ูุฑุนุง ู
ู ุงููุฑูุน، ุฃู ุฃุตูุง ู
ู ุงูุฃุตูู ุบูุฑ ุงูุถุฑูุฑูุฉ ูุฃูุฒู ูุชุงุจู ููู ูุตูุตุง ู
ุญูู
ุงุช ูุงุทุนุงุช ุงูุฏูุงูุฉ، ูุง ุชุฎุชูู ูููุง ุงูุฃููุงู
ููุง ุชุชุนุฏุฏ ุงูุชูุณูุฑุงุช، ููููู ุฌู ุดุฃูู ุฃุฑุงุฏ ุฃู ูููู ูู ูุชุงุจู ุงูู
ุญูู
ุงุช ู ููู ุฃู
ุงููุชุงุจ ูู
ุนุธู
ู ู ูููู ุงูู
ุชุดุงุจูุงุช، ููู ุฃููู، ููู ุฐูู ุงุจุชูุงุก ู
ู ูุงุญูุฉ، ูุดุญุฐ ููุนููู ูุชุฌุชูุฏ ู
ู ูุงุญูุฉ ุฃุฎุฑู.
_Tentu saja bila Allฤh menghendaki, bisa saja Allฤh jadikan kaum muslimin sepakat dalam semua hal, dan tidak terjadi perbedaan dalam segala hal baik dalam urusan furu' maupun pokok-pokok agama. Juga bisa saja Allฤh menjadikan semua isi al-Qur'ฤn muhkamat, qath'i dan jelas tanpa samar sehingga tidak ada perbedaan pendapat dan multi tafsir._
Akan tetapi Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla menjadikan dalam kitab suciNya itu ada yang muhkamat, dan ini sebagian besarnya, dan sedikit yang mutasyabihat. Maka ini satu sisi merupakan ujian dan satu sisi memacu dan memicu kita untuk memeras akal fikiran untuk berijtihad.
ููููู ุชุนุงูู: (ูู ุงูุฐู ุฃูุฒู ุนููู ุงููุชุงุจ ู
ูู ุขูุงุช ู
ุญูู
ุงุช، ูู ุฃู
ุงููุชุงุจ ูุฃุฎุฑ ู
ุชุดุงุจูุงุช، ูุฃู
ุง ุงูุฐูู ูู ูููุจูู
ุฒูุน ููุชุจุนูู ู
ุง ุชุดุงุจู ู
ูู ุงุจุชุบุงุก ุงููุชูุฉ ูุงุจุชุบุงุก ุชุฃููููุง ูู
ุง ูุนูู
ุชุฃูููู ุฅูุง ุงููู ูุงูุฑุงุณุฎูู ูู ุงูุนูู
ูููููู ุขู
ูุง ุจู ูู ู
ู ุนูุฏ ุฑุจูุง ูู
ุง ูุฐูุฑ ุฅูุง ุฃูููุง ุงูุฃูุจุงุจ) (ุขู ุนู
ุฑุงู: 7).
Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla berfirman:
_Dialah yang menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepada kamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami". Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal._
ุจู ุฅููุง ูุฌุฏ ู ูุจู ู
ุฑุญูุฉ ุงูููู
ูุงูุชูุณูุฑ ู ู
ุฑุญูุฉ ุงููุฑุงุกุฉ ููุณูุง، ููุฏ ุชุนุฏุฏุช ุงููุฑุงุกุงุช ูู ูุชุงุจ ุงููู ุฅูู ุณุจุน، ุจู ุฅูู ุนุดุฑ، ููู ุงููุฑุงุกุงุช ุงูู
ุชููุงุฉ ุจุงููุจูู ู
ู ุงูุฃู
ุฉ، ููู
ูุฑ ุฃุญุฏ ู
ู ุนูู
ุงุก ุงูู
ุณูู
ูู ูู ุฐูู ุฃู ุญุฑุฌ، ูุฃููุง ูููุง ุซุงุจุชุฉ ุนู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
.
Akan tetapi kita dapati bahwa sebenarnya sebelum masuk ke wilayah pemahaman dan penafsiran, _dalam level membaca/qiraah pun sudah banyak ragam bacaan/qiraah al-Qur'ฤn sampai tujuh macam bahkan sampai 10 macam._ *Dan qiraah yang beraneka macam itu kita dapati diterima dengan baik oleh ummat ini dan tak satupun dikalangan ulama yang mempersoalkan nya, karena semuanya sudah jelas terang mantap dari Rasลซlullฤh Shallallฤhu 'Alaihi wa Sallam.*
ุฑูู ุงูุจุฎุงุฑู ุนู ุงุจู ู
ุณุนูุฏ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุงู: "ุณู
ุนุช ุฑุฌูุง ูุฑุฃ ุขูุฉ، ูุณู
ุนุช ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
، ููุฑุฃ ุฎูุงููุง، ูุฃุฎุจุฑุชู، ูุนุฑูุช ูู ูุฌูู ุงููุฑุงูุฉ، ููุงู: ููุงูู
ุง ู
ุญุณู، ููุง ุชุฎุชูููุง، ูุฅู ู
ู ูุงู ูุจููู
ุงุฎุชูููุง ูููููุง".
Al-Bukhฤri meriwayatkan dari sahabat ibn Mas'ลซd Radhiyallฤhu 'Anhu berkata:
_"Aku mendengar seseorang membaca suatu ayat tapi aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berbeda cara membacanya. Maka aku membawa orang itu menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian aku ceritakan masalah itu. Namun aku mengetahui ada ketidak sukaan beliau yang tergambar dalam raut wajah beliau. Lalu beliau bersabda: "Cara kalian membaca keduanya benar dan janganlah kalian berselisih karena orang-orang sebelum kalian berselisih hingga akhirnya mereka binasa"_ *(HR al-Bukhฤri Bab tentang hadฤซts hadฤซts yang meriwayatkan para Nabi, No. 3.217, shahฤซh).*
ูุฑูู ุงูุฌู
ุงุนุฉ ู
ุซูู ุนู ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูู ูุถูุชู ู
ุน ูุดุงู
ุจู ุญููู
.
Dan diriwayatkan oleh al-Jamฤ'ah tentang hal serupa antara sahabat Umar ibn al-Khaththฤb dengan Hisyฤm ibn Hakรฏm.
ูุงู ุงูุนูุงู
ุฉ ุงุจู ุงููุฒูุฑ ู
ุนููุง ุนูู ูุฐุง ุงูู
ูุถุน:
ููุฐุง ุงูุฎูุงู ุงูุฐู ููู ุนูู، ูุญุฐุฑ ู
ูู ุงูููุงู، ูู ุงูุชุนุงุฏู. ูุฃู
ุง ุงูุงุฎุชูุงู ุจุบูุฑ ุชุนุงุฏ ููุฏ ุฃูุฑูู
ุนููู، ุฃูุง ุชุฑุงู ูุงู ูุงุจู ู
ุณุนูุฏ: "ููุงูู
ุง ู
ุญุณู" ุญูู ุฃุฎุจุฑู ุจุงุฎุชูุงููู
ุง ูู ุงููุฑุงุกุฉ؟ ุซู
ุญุฐุฑูู
ู
ู ุงูุงุฎุชูุงู ุจุนุฏ ุงูุญูู
ุจุฅุญุณุงููู
ุง ูู ุฐูู ุงูุงุฎุชูุงู، ูุงูุงุฎุชูุงู ุงูู
ุญุฐุฑ ู
ูู ุบูุฑ ุงูุงุฎุชูุงู ุงูู
ุญุณู ุจู ู
ููู
ุง، ูุงูู
ุญุฐุฑ ู
ูู ุงูุชุจุงุบุถ ูุงูุชุนุงุฏู ูุงูุชูุงุฐุจ ุงูู
ุคุฏู ุฅูู ูุณุงุฏ ุฐุงุช ุงูุจูู، ูุถุนู ุงูุฅุณูุงู
، ูุธููุฑ ุฃุนุฏุงุฆู ุนูู ุฃููู، ูุงูู
ุญุณู ูู ุนู
ู ูู ุฃุญุฏ ุจู
ุง ุนูู
، ู
ุน ุนุฏู
ุงูู
ุนุงุฏุงุฉ ูู
ุฎุงููู ูุงูุทุนู ุนููู.
Dikatakan pula oleh *al-'Allฤmah ibn al-Wazฤซr* terkait dengan hal ini:
_Khilaf tentang hal ini adalah terlarang, dan bisa menjurus kepada kebinasaan dan membangkitkan permusuhan._
Adapun khilaf yang tidak melahirkan permusuhan dan kebencian maka hal ini justru telah Rasลซlullฤh tetapkan. Tidakkah kalian lihat bahwa Rasลซlullฤh berkata kepada ibn Mas'ลซd: *keduanya baik*, tatkala beliau Shallallฤhu 'Alaihi wa Sallam diberitahu tentang munculnya perbedaan diantara keduanya dalam hal bacaan al-Qur'ฤn?
Kemudian setelah itu Rasลซlullฤh mengingatkan tentang khilaf yang terjadi setelah itu yang akan membinasakan ummat ini yaitu khilaf yang penuh kebencian, permusuhan, saling mendustakan yang berdampak pada kerusakan diantara para pihak yang berselisih dan akhirnya melemahkan kaum muslimin dan musuh-musuh kaum muslimin semakin kuat.
Adapun yang disebut *muhsin* adalah _orang yang beramal berdasar ilmu, bukan berdasar kebencian dan permusuhan apalagi saling hujat._
*Bersambung in syฤ Allฤh*
๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐
_Makassar , 20 Agustus 2016, selesai ditulis pukul 10.00 WITA._
_Source and powered by:_
@QuranAndroid
*Yลซsuf al-Qaradhawy, Al-Shahwah al-Islฤmiyah baina al-Ikhtilฤfi al-Masyrลซ'i wa Tafarruqi al-Madzmลซm, Penerbit Dฤr al-Syurลซq halaman
Assalaamu 'Alaikum WRWB.
Pd suatu hari, khalifah Umar bin Khattab ra ber-
khotbah:" Jngan memberi-
kan emas kawin lebih dari
40 uqiyah (1240 gr). Barang
siapa melebihkannya, maka
kelebihanx akan kuserahkn
ke Baitul Mal."
Dgn berani, seorg wanita
menjawab:" Apakah yg di-
halalkn Allah SWT akan di-
haramkn oleh Umar? Bukan
kah Allah SWT berfirman -
dlm ( S. An-Nisa': 20 ).
Umar ra berkata:" Benar
apa yg dikatakan wanita itu
n Umar salah."
Inilah contoh keadilan se-
Org khalifah Muslim.
Dikesempatan lain, kha-
lifah Umar bin Khattab ra
melihat seorg mengangkat
kedua tanganx ke langit n
berdo'a:" Allahumma, jadi-
kanlah diriku dari golongan
yg sedikit."
Umar ra heran n berta-
nya:" Apakah do'a yg kamu
baru mohonkan, wahai sau-
daraku?".
Org itu menjawab:" Wahai Amirul Mukminin, tidakkah Allah berfirman,
( S. Saba': 13 ).
Umar bin Khattab ra ber-
kata sambil meninggalkn org itu:" Sungguh semua org lebih mengetahui dari pada engkau, wahai Umar."
(101)
$$$$@@@@%%%%####
Thursday, 25 August 2016
Home »
Achlaaqul Kariimah
,
Tafakkur_Tadabbur
,
Tazkiatun Nafsi
,
Uchuwwah Islaamiyyah
» Wajibnya Menjaga Uchuwwah Islaamiyyah
0 Comments:
Post a Comment