Hidangan Mata

Keterangan: Silahkan ganti tulisan berwarna merah dengan Url alamat blog anda. Pengaturan di atas berfungsi layaknya widget Recent Posts. Jika ingin menampilkan artikel-artikel berdasarkan label tertentu, anda bisa ganti kode false (ditandai warna hijau) dengan label (kategori) pilihan di blog anda. Contoh: tagName:"Kesehatan" 10000 (warna biru) untuk kecepatan pergerakan slider. Anda bisa merubahnya agar lebih cepat atau lebih lambat. Misal ganti menjadi 8000 agar lebih cepat atau 12000 agar lebih lambat, dst. 5. Jika sudah diatur semuanya, silahkan simpan dan lihat hasilnya. Kalau anda menghendaki agar tampilan slider ini hanya muncul di tampilan beranda (home) blog saja, silahkan baca postingan saya berikut ini: Cara Menyembunyikan atau Memunculkan Widget Hanya pada Tampilan Beranda Blog. Demikian. Semoga bermanfaat. Labels: Blogging Thanks for reading Cara Mudah Membuat Slider (Slide Show) Keren di Blog, Cukup Satu Langkah. Please share...!

Saturday 6 August 2016

Salah Satu Penyebab Mundurnya Peradaban Umat Islam


Versi Pemahaman BAHRULMAGHFIROH.COM

Saat ini umat Islam sedang dilanda kemunduran peradaban yang luar biasa dengan ditandai berbagai krisis. Diawali dengan krisis ekonomi yang tak kunjung membaik, hukum yang tak terselesaikan, bahkan diperparah dengan krisis kepercayaan dan musibah yang silih ganti tak pernah berhenti. Misalnya banjir yang luar biasa, tanah longsor yang merenggut ratusan bahkan ribuan nyawa, demikian pula contohnya jatuhnya pesawat, tenggelamnya kapal laut, bertabrakannya kereta api, dan bahkan masih diperparah dengan kerusuhan antar etnis, suku sampai antar agama yang saat ini belum juga terselesaikan.


Kemudian, selain itu dalam dunia internasional, umat Islam saat ini tengah dalam keterpurukan dan bahkan termarjinalkan. Contoh saja umat Yahudi saat ini yang katanya jumlahnya hanya 40 Juta juta tapi mereka mengusai dunia mengalahkan umat islam yang jumlahnya lebih dari 1,6 Triliun. Terbukti, Masjidil Aqsha kebanggaan umat islam saat ini dikuasai oleh mereka.

Diantara salah satu sebab runtuhnya peradaban umat islam saat ini, adalah karena umat islam saat ini sudah tidak mempraktekan lagi ajaran islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Sunnah. Ketika Al Qur’an dan As-Sunnah sudah tidak lagi dipakai sebagai landasan untuk mengatur dirinya, keluarga, bangsa bahkan negara, maka yang terjadi keterpurukan demi keterpurukan. Tidak hanya krisis ekonomi, tapi juga krisis multi dimensional. Bukankah Rosulullah SAW telah bersabda,

 تركت فيكم أمرين لن تضلوا أبدا كتاب الله وسنة نبيه

“Aku tinggalkan pada kalian dua perkara dan kalian tidak akan sesat selama-lamanya manakala berpegang teguh Al Qur’an dan Assunnah.”

Kemudian dalam suasana seperti itu, Rosulullah SAW pernah curhat kepada Allah SWT dan diabadikan dalam surat Al Furqon ayat 30 :

 يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا

“Wahai tuhanku,  Sesungguhnya Kaumku menjadikan Al Qur’an itu tidak memperdulikan atau tidak diacuhkan.”

Artinya, jika kita umat islam sudah tidak memperdulikan Al Qur’an dan As-Sunnah, maka yang akan terjadi adalah kehidupan yang sempit. Sebagaimana terdapat dalam Surat Toha ayat 124 :

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى

Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.”

Suatu ketika Rosulullah SAW bersama para sahabatnya, berada dalam sebuah forum besar.

Namun, pada waktu itu
Umar terlambat dan membawa lembaran Taurat. Apa reaksi Rosulullah SAW ketika melihat sahabat tercintanya membawa taurat? Beliau terlihat marah sekali bahkan wajah muliya beliau memerah dan bersabda :  Innahu wallahi lau kana musa hayyan baina dhuhurikum ma ahalla lahu illa an yattabi’ani.“Andai saja Nabiyullah Musa hidup disekeliling kalian, niscaya Allah akan memerintahkan untuk mengikuti ajaranku”

Artinya betapa pentingnya Rosulullah SAW menjaga umatnya agar tidak terkontaminasi dengan aliran-aliran atau isme-isme selain agama islam yang saat ini tengah bertebaran. Dimana, saat ini kita semua (umat islam) sedang dimainkan oleh golongan orang-orang Yahudi dan Nasrani tentang aqidah ataupun ideologi-ideologi pada waktu itu hingga saat ini. Selain itu, Rosulullah SAW ingin menjaga ideologi para sahabat waktu itu, umumnya kita semua umat islam agar tidak terkontaminasi aliran-aliran yang semakin hari kian meresahkan.

Rosulullah SAW juga mencoba meyakinkan mereka dan kita semua sebagaimana tertulis dalam Al Qur’an yang artinya “Sesungguhnya agama yang diridhoi oleh Allah SWT adalah agama islam.” Maka yang diinginkan oleh Rosulullah SAW dihati para sahabat semua UMMAT ISLAAM termasuk Kita semua adalah : إشهدوا بأنا مسلمون “Saksikanlah bahwasannya kami semua adalam orang-orang yang ISLAAM.”

Demikianlah yang disampaikan, mudah-mudahan yang sedikit ini dapat bermanfaat.


Sumber :

 http://bahrulmaghfiroh.com/salah-satu-penyebab-mundurnya-peradaban-umat-islam/

Pertanyaan SUHU :

Benarkah seperti itu sebagaimana yang diuraikan di atas ?

Bagaimana Pendapat SUHU sendiri atas hal tersebut di atas ... ? Menyusul ... *********

0 Comments:

Post a Comment